Empat Macam Abjad Umat Islam

Rasulullah saw. bersabda: "Tiga hal, saya bersumpah atasnya dan saya akan menyampaikan suatu hal pada kalian, hendaklah kalian menjaganya." Rasulullah saw. bersabda: "Tidaklah harta seorang berkurang alasannya yaitu sedekah, tidaklah seseorang diperlakukan secara lalim kemudian dia bersabar melainkan Allah akan menambahkan kemuliaan untuknya dan tidaklah seorang hamba membuka pintu minta-minta melainkan Allah akan membukakan pintu kemiskinan untuknya -atau kalimat sepertinya- dan saya akan menyampaikan suatu hal pada kalian, hendaklah kalian menjaganya." 



Rasulullah saw. bersabda: "Sesungguhnya dunia itu untuk empat orang; Pertama, seorang hamba yang dikarunia Allah harta dan ilmu, dengan ilmu dia bertakwa kepada Allah dan dengan harta dia menyambung silaturrahim dan dia mengetahui Allah mempunyai hak padanya dan ini yaitu tingkatan yang paling baik, Kedua, hamba yang diberi Allah ilmu tapi tidak diberi harta, niatnya tulus, dia berkata: ‘Andai saja saya mempunyai harta pasti saya akan melaksanakan ibarat amalan si fulan’, maka dia mendapat apa yang dia niatkan, pahala mereka berdua sama, Ketiga, hamba yang diberi harta oleh Allah tapi tidak diberi ilmu, dia melangkah serampangan tanpa ilmu dalam memakai hartanya, dia tidak takut kepada Tuhannya dengan harta itu dia tidak menyambung silaturrahim serta tidak mengetahui hak Allah padanya, ini yaitu tingkatan terburuk, Keempat, hamba yang tidak diberi Allah harta ataupun ilmu, dia bekata: ‘Andai saya punya harta tentu saya akan melaksanakan ibarat yang dilakukan si fulan yang serampangan mengelola hartanya’, dan niatnya benar, dosa keduanya sama.”

Wallahu A’lam

Comments

Popular posts from this blog

Viral How To Cook A Brisket In A Roaster Oven Background

Kisah Karomah Kh. Mahrus Ali Dan Kh. Marzuqi Dahlan

Kisah Keistimewaan Membaca Shalawat Nabi